INFORMASI DAN BERITA

Halaman ini berisi informasi dan berita kegiatan sekolah

MPLS Tahun Pelajaran 2022-2023

by | 11 July 2022

Narasumber MPLS

MPLS 2022-2023 – Menggali Potensi untuk Meraih Prestasi | Senin s.d Rabu, 11 s.d 13 Juli 2022

Pembukaan MPLS 2022-2023

Upacara Pembukaan MPLS Tahun Pelajaran 2022-2023

MPLS 2022-2023

Materi Kurikulum Merdeka MPLS Tahun Pelajaran 2022-2023

MPLS 2022-2023

Bersama menumbuhkembangkan Merdeka Belajar dan Merdeka Mengajar melalui ruang-ruang kelas

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah atau MPLS adalah kegiatan yang dilakukan hari pertama sekolah pada tahun ajaran baru dan wajib diikuti oleh semua siswa baru untuk memperkenalkan para siswa pada semua hal yang berhubungan dengan sekolah mereka. Perkenalan Itu tidak sebatas antar murid baru dengan kakak kelas tapi juga guru dan komponen lainnya, seperti kegiatan rutin, norma, budaya, sistem dan tata tertib yang berlaku.

Tujuan dilaksanakan MPLS adalah:

  1. Memperkenalkan lingkungan sekolah
  2. Menggali potensi yang terdapat di dalam diri siswa baru.
  3. Membantu agar siswa baru cepat beradaptasi dengan lingkungan sekolah
  4. Mengenalkan siswa baru pada sarana prasarana, aspek keamanan serta fasilitas umum.
  5. Menumbuhkan semangat, motivasi serta cara belajar yang lebih efektif sebagai siswa baru.
  6. Mengembangkan sebuah interaksi yang positif antara siswa dan juga warga sekolah lainnya seperti guru dan karyawan sekolah.
  7. Menumbuhkan sikap dan perilaku yang positif yaitu kemandirian, kejujuran, saling menghargai, menghormati persatuan dan keanekaragaman, kedisiplinan, hidup yang bersih dan sehat.
  8. Mewujudkan siswa yang mempunyai integritas, etos kerja serta semangat gotong royong.

Manfaat MPLS:

Mengapa sekolah wajib mengadakan MPLS untuk siswa baru? Karena MPLS membantu siswa baru untuk mengenal hal-hal yang berkaitan dengan sekolah termasuk nilai, sistem, budaya, tata tertib dan sebagainya.

 

Siswa Diterima di PTN

  • Tahun 2019 (186 / 359) 52% 52%
  • Tahun 2020 (191 / 288) 66% 66%
  • Tahun 2021 (196 / 288) 68% 68%